Thursday, October 13, 2016

Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan

Emmmm lama sudah gak buka blog ini, lama gak komunikasi didunia maya khususnya didunia blogger, banyak sobat blogger yang saya kenal masih eksis dan banyak juga yang fakum. Tapi biar bagaimanapun yang namanya jiwa hobby nulis gak akan pernah kehabisan inspirasi buat apa yang ditulis, walaupun kadang yang ditulis gak jelas hehe.. Kembali ke Blogger!

Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan | AntsKaka

Alhamdulillah walaupun udah lama gak buka blog yang satu ini, tapi blog ini tetap sehat secara traffik dan kesehatan linknya. Itu karena saya selalu mengecek dan memantau perkembangan pada blog ini walau gak rutin seperti dulu. Tujuannya adalah supaya blog ini tetap bisa hidup alias gak kena suspend google bot, karena biar bagaimanapun di blog ini banyak hasil karya yang sudah banyak saya pelajari dari para sobat blogger dengan hasil saling berbagi pengalamannya. Bisa dibilang, dari blog ini lah saya bisa membuat blog lainnya dengan yang lebih baik lagi.

Dengan pengalaman yang saya dapatkan ini, saya juga mau berbagi dengan cara saya yang sederhana untuk semua blogger sekalian. Diantar sobat blogger, pasti gak cuma punya satu blog atau web aja kan, dengan kita memiliki blog lebih dari satu, bisa dibilang blog yang lama pelan pelan pasti akan tidak terawat lagi atau tidak rutin untuk merawatnya. Seperti cara saya merawat blog ini yang sudah lama saya tinggalkan dan tidak pernah saya update lagi dalam beberapa waktu yang lama ini.

Seperti biasanya, ;
1. Login ke Blogger,
2. Buka ikhtisar,
3. Scroll kebawah, pilih Buka Search Console (yang dulu namanya Webmaster Tool)
4. Pilih Blog yang mau di cek pada tab Console.
5. Pilih Peta Situs (klik)
6. Pilih semua (centang kotak yang atas)
7. Pilih Kirim Kembali.

Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan | AntsKaka

Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan | AntsKaka
Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan | AntsKaka

Cara ini hanya untuk mengirim semua link yang terdapat di ATOM atau RSS blog dengan tujuan link pada blog yang ditinggalkan tetap bisa terindeks. Sebenarnya pada google bot sendiri selalu merayapi secara otomatis semua situs yang tergabung dalam google. Tapi kalo nunggu dirayapi secara otomatis terlalu lama, hehe..

Biar lebih mudah lagi, saya juga buat versi videonya tentang Cara Mudah Merawat Blog atau Web yang lama ditinggalkan di Youtube partner blog ini. Lihat videonya klik disini.

Untuk hasil screenshot pada gambar diatas adalah tampilan halaman console pada blog saya yang lainnya, www.kawanunik.com.

Walaupun kita sebagai blogger punya blog lebih dari satu, alangkah baiknya blog yang sudah lama itu untuk tidak dihapus atau ditinggalkan begitu saja, tetap dirawat walau gak rutin. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih. Salam Happy Blogging.

This Is The Newest Post

8 komentar

Terima kasih atas tipsnya ...
iji share ya
http://salsabila-ravina.blogspot.co.id/2016/09/pencairan-jamsostek-melalui-website.html

trima kasih buat info nya..
jadi nambah ilmu nih..
Kunjungan Silaturrahmi :D

silahturrahmi juga sob,, baru aktip ngeblog lagi nih sob :D

wah udah lama gak jumpa dengan mas Kaka. gimana kabarnya?

aku sendiri sudah beberapa kali libur ngeblog dengan waktu yg cukup lama. Baru tahu ada cara seperti ini biar blog yg "diliburkan" bisa tetap terjaga.

hihi iya sob kabar baik.. dibaik-baikin aja hihi
cara ini sebenernya cara lama cuma baru ane sempet share aja sob,, daripada bingung gak ada yg buat update :-d

-‘๑’-Terima kasih & Happy Blogging-‘๑’-
EmoticonEmoticon